Selasa, 10 April 2012

water safety plans (pemenuhan air sehat)

 melakukan perencanaan untuk mendapatkan asupan air.

tulisan ini dikutip dari web site-nya WHO water_sanitation_health yg ditulis oleh Annette Davison, Guy Howard, Melita Stevens, Phil Callan, Lorna Fewtrell, Dan Deere and Jamie Bartram.

mencoba memahami apa yg WHO lakukan untuk isu air. adakah beda dengan lembaga internasional lainnya. ada lho perwakilan kantor WHO di Jakarta.

mengelola kebutuhan air minum sehari-hari yg memenuhi kualitas kesehatan yg dilakukan mulai dari daerah tangkapan air sampai tiba di konsumen.

WHO mengeluarkan laporan rutin yg disebut Guidelines for Drinking-water Quality (Panduan Penetapan Kualitas Air Minum). Saat ini sudah mencapai tahap edisi ke-3. Didalamnya ada yg disebut WSP yg menjadi fokus perhatian. serial pertemuan para ahli telah dilakukan di Berlin (2000), Adelaide (2001) and Loughborough (2001).


Dokumen WSP ini menjelaskan cara melakukan perencanaan agar terpenuhinya kebutuhan air sehat (WSP), dan pembuktian lebih lanjut diberikan dalam satu set. Yaitu berupa bagaimana menangani perlindungan sumber-sumber mata air, proses pengolahan (pada tingkat pemasok dan rumah tangga), distribusi air minum dan pemilihan parameter dan metode analisis.

Buku ini ditujukan untuk praktisi di semua tingkat. Hal ini terutama relevan bagi manajer di bidang penentuan kualitas air, regulator (termasuk orang-orang yang bertanggung jawab untuk menyusun panduan dan interpretasinya atas kondisi di lapang), auditor, konsultan dan organisasi internasional.

terdapat 15 bab yg bisa didonlot dari link ini.



Publishing and ordering information:

WHO/SDE/WSH/05.06
© World Health Organization 2005
Available in English only
In print

Posted by Picasa

Tidak ada komentar: