Senin, 02 April 2012

BBWS Ciliwung Cisadane

 balai besar wilayah sungai ciliwung cisadane disingkat bbws cilcis. lembaga resmi pemerintah di bawah kementrian pekerjaan umum (upt - unit pelaksana teknis). bertanggung-jawab atas pengelolaan WILAYAH SUNGAI  ciliwung dan cisadane.

bedakan istilah WILAYAH SUNGAI  (disingkat WS) dengan DAERAH ALIRAN SUNGAI (disingkat DAS).  ini biasa dipakai untuk membahas soal unit manajemen. dan beberapa konsekuensi lainnya tentu saja.

dalam acara bni go green bulan februari lalu, bbws cilcis menyajikan demo minidredger. sebuah dredger (alat keruk) berukuran mini untuk mengangkat sampah dan lumpur dari ciliwung. demo ini sangat berguna. banyak masyarakat yg nonton dan jalanan jadi macet. kita jadi tahu bagaimana mahalnya ungkap sang operator untuk membersihkan sungai. dia tidak bisa bilang persisnya biaya. tapi kalau dari kesibukan yg terlihat pasti cost tinggi.

untuk membawa minidredger ke lokasi butuh truk besar. juga butuh perangkat kerja lain. misalnya bekhoe dan truk angkut sampah.

nih liat beberapa gambar hasil jepretan asun. wah tuh lumpur sudah berapa bulan yah mengendap.

apa gak lebih murah mengalokasikan biaya untuk melakukan pencegahan? sampah dibuat agar tidak masuk ke sungai. bagaimana cara melibatkan publik agar mau bergerak ke arah yg sama? hentikan buang sampah ke sungai!

asik ada projek baru. hehe

Posted by Picasa

Tidak ada komentar: