Sabtu, 21 April 2012

Batas Hidrologis di Yapen

 tujuan awalnya pengen denger soal pemetaan di yapen. yg lebih terdengar malah bagaimana terbentuknya suatu desa dengan tata batasnya batas alami seperti sungai, batu, pohon besar. tuh kata sungai disebut pertama. pasti punya makna dalem.

SPF (saireri paradise foundation). diskusi nusantara ke 59 di ruang rimbawan bersama akhmal f.patopang. SURVEY BIODIVERSITY DAN PEMETAAN PARTISIPATIF DI DISTRIK RAIMBAWI, KEP.YAPEN-PAPUA. sabtu 21042012 pukul 14.00 di ruang rimbawan.

pemetaan pada awalnya merupakan kebutuhan si lsm bukan dari orang lokal. ada anggota AMAN. mungkin kegiatan ini terkait dengan inisiatif BRWA?

ada ayat dalam alkitab yg mendukung tata batas. Amsal: 'bahwa seorang pemimpin tidak boleh mengubah batas wilayah yg sudah ditetapkan sebelumnya'. dalam sebuah doa yg lain dikatakan bahwa 'yg berjalan di depan adalah penunjuk kebenaran. maka binasalah hidupnya saat dia melakukan kesalahan'. dan tidak ada satu pun dari kelompok itu yg mau berjalan di depan menjadi penunjuk jalan. doa pun diubah. 'bahwa yg di depan tidak pernah salah. oleh karenanya lindungi dan tunjukkanlah jalan yg benar kepadanya'.

SPF berdiri sebulan lalu. memulai dengan identifikasi penyu dan cendrawasih. udah buat pemetaan... satu suku menghormati kpl sukunya. anak muda tahu batas punggung sowoi. tp tdk tahu di lapangnya dimana... saat ombak besar pergi ke sungai. udang dan sidat gede.  .. demam goyang. malaria. bergeser obat tradisional. ada tuh herocyn...video cendrawasih. cantik. pemetaan pohon yg ada cend. stiap jam 6 dan 3. .. belimbing sisik. 8 mtr.

perempuan duduk berbeda ruangan dengan kelompok laki-laki yg berdiskusi soal pemetaan lahan adat. tapi di ruangan ini kita sama duduk seruangan. selamat hari kartini wita, cika, lala dan fini. hari perempuannya forci nih.
Posted by Picasa

Tidak ada komentar: