Rabu, 18 April 2012

simple hidrologi

 istilah-istilah hidrologi tuh gak banyak yg berbahasa Indonesia, begitu kata Yudith yg diamini Made. Hari Rabu sore 18 April 2012, teman-teman dari GCUI datang ke Kedai Telapak. Mereka berbagi elmu seputaran ilmu dasar air.

Pertanyaan susah dan gampang bisa direspon oleh dua jagoan air ini. semuanya ada penjelasan secara ilmiah. kecuali soal pawang hujan. mereka nyerah. setengah khawatir apalagi kalau sampai dibuku jurusan baru, departemen pawang hujan di sebuah universitas ternama. pasti banyak yg daftar tuh, katanya. kebetulan kita udah punya beberapa kandidat suhu-nya nih. hehe

jumlah air tuh tetap di bumi ini. tidak berkurang dan tidak bertambah. hanya bentuknya saja yg berubah. ada cair, uap dan gas.

pak pandit mengomentari soal air tanah yg sudah bertahun-tahun mengendap di perut bumi. itu disebut sungai purba. diskusi soal korelasi keberadaan kawasan berhutan dan tingginya penguapan air dari tajuk pohon oleh mbak wiwik yg kebetulan bekerja di kementrian kehutanan. mas hambali bertanya soal air payau dan penanganannya. inya berbagi cerita soal kondisi PDAM dan curhat soal tetangganya yg suka bangun tengah malam untuk mencuci mobil dan menyikat ubin. karena hanya pada malam hari aliran airnya kencang, begitu keterangan sang tetangga.

terimakasih kawan yudith dan made sudah mau berbagi elmu. kalau mau dibilang dalam rangka memperingati hari air 22 maret lalu, udah kelewat lama. kalau mau dibilang memperingati hari bumi 22 april mendatang, boleh juga deh. gak ada yg serius juga kok. duduk nongkrong di kedai, nyemil jajanan dari koperasi sambil minum teh hijau dan belitung dari tapos, bersama beberapa teman, adalah enak dan perlu.


silakan berkunjung ke tempatnya mas hambali di tapos sana. biar tahu bagaimana mata air dari desa pinggiran taman nasional halimun salak.

atau ke tempatnya pak pandit di salatiga dan jogja sana. belajar bagaimana pengelolaan hutan kawasan hulu DAS Progo dilakukan.

kemanapun asal hepi.

Bahan presentasi bisa di donlot di link berikut: https://docs.google.com/presentation/YudithMade
Posted by Picasa

Tidak ada komentar: