Jumat, 06 April 2012

kelompok pengguna air (water user group)

Ija dan Ima. Oleh Nanang Sujana
 siapa saja yg termasuk ke kelompok pengguna air? petani dan nelayan, itu jawabannya!

benar. tapi jangan berhenti di situ. kelompok pengguna air bukan hanya mereka. kalaupun publik mengenal tambahan kategori lainnya, tapi juga tidak tahu persis seberapa besar ketergantungan mereka terhadap air.

kelompok pengguna air selalu dianggap satu gelondongan.  variasinya diabaikan. mungkin kurang menarik, kurang penting, atau apalah. apa akibat dari pengabaian itu, bisa berakibat parah.

andai datang satu projek fisik, pembangunan infrastruktur keairan di satu wilayah Daerah Aliran Sungai. maka si pembangun projek hanya fokus pada penyelesaian projek semata. agar duitnya bisa segera cair. tarik sedikit ke belakang. untuk siapa bangunan infrastruktur itu. umumnya untuk kelompok pengguna air mayoritas.

misalnya pembangunan sebuah bendungan untuk keperluan irigasi pertanian dan kelistrikan. bagaimana dengan kelompok pemancing, anak-anak yg main di sungai, berbagai jenis ikan yg menggunakan sungai untuk migrasi saat mijahnya, berbagai jenis capung dan serangga air, dan bisa ditambah daftar kelompok lainnya.

nasibnya terabaikan karena pengambil kebijakan hanya tahu kelompok mayoritas kelompok pengguna air.

poto diambil dari mata kamera - Nanang Sujana
Posted by Picasa

Tidak ada komentar: